Home » Hadist » Menerapkan Sabar Dengan Dalil Al-Qur’an dan Hadist Tentang Sabar

Menerapkan Sabar Dengan Dalil Al-Qur’an dan Hadist Tentang Sabar

Mendengar kata sabar, yang tertanam dalam benak anda pertama kali pasti berkaitan dengan keharusan manusia untuk mampu menghadapi ujian, cobaan atau musibah yang menimpa diri. Bentuk ujian itu sendiri bermacam-macam, ada yang diuji dengan kesulitan dan ada yang diuji dengan kemudahan. Simak penjelasan lebih dalam yang disertai dengan dalil Al-Qur’an dan hadist tentang sabar.

Ahmad Muhlis Hadist-Tentang-Sabar-2 Menerapkan Sabar Dengan Dalil Al-Qur’an dan Hadist Tentang Sabar Hadist  sabar Hadist

 Ta’aruf Dengan Sabar

 Ta’aruf diartikan dalam Bahasa Indonesia yang berarti berkenalan. Maka jika mengatakan ta’aruf dengan sabar, maka saatnya kita kenal lebih dalam tentang sabar. Termasuk juga untuk mengetahui makna sabar tiada batasnya.

Sabar adalahsuatu sikap menahan emosi, keinginan, hawa nafsu atau keluhan, sehingga mampu mengendalikan dirinya. Orang yang mampu bersabar akan dilihat sebagai sosok yang memiliki jiwa yang kokoh, karena mampu menahan gejolak emosinya.Sabar disejajarkan dengan pengertian syukur. Sabar selalu diikuti oleh syukur, karena iman itu separuh sabar dan separuhnya lagi syukur. Rasulullah SAW bersabda bahwa,

Iman Terbagi dua separuh dalam sabar dan separuh dalam syukur. (HR Al-Baihaqi)

Jika menghadapi ujian, kita harus banyak bersabar dan bersyukur. Sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya,

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang yang sangat sabar dan banyak syukur. (QS Lukman : 31)

Terdapat banyakkeutamaan bersyukur dan bersabar. Insyaa Allahakan diganjar pahala tanpa batas dan ditambah nikmatnya. Seperti firman Allah SWT yang artinya,

……sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah nikmat kepadamu. (QS Ibrahim : 7)

Sabar Itu Tidak Ada Batasnya Lho

Ahmad Muhlis Hadist-Tentang-Sabar Menerapkan Sabar Dengan Dalil Al-Qur’an dan Hadist Tentang Sabar Hadist  sabar Hadist

 Mungkin anda pernah mendengar istilah “sabar ada batasnya”. Namun ternyata menurut Al-Qur’an Surat Az-Zumar:10 dikatakan bahwa sabat itu tidak ada batasnya. Berikut adalah makna dari ayat tersebut.

sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabar sajalah yang akan dipenuhi ganjaran mereka tanpa batas. (QS Azzumar : 10)

Melihat ayat Al-Qur’an tersebut, ternyata yang dimaksud “tidak ada batas” adalah ganjaran pahala oleh Allah yang akan diberikan tanpa batas. Menurut Ibnu Al Jauzi dalam Tashil li Ulumi At-Tanzil, ayat tersebut dapat ditafsirkan dalam dua makna. Pertama, orang yang sabar akan mendapat balasan pahala dan tidak akan dihisab amalannya. Kedua, balasan kesabaran itu tidak terbatas dan lebih banyak dari apa yang diperhitungkan.

Dalil Lain Dalam Al-Qur’an dan Hadist Tentang Sabar

 Selain contoh di atas, penulis akan memberikan tambahan-tambahan dalil dan hadist tentang sabar.

  1.  Dalil Sabar dalam Al-Quran

Hal indah bagi orang yang bersabar. Allah SWT akan selalu bersama dengannya. Firman Allah SWT yang artinya,

Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar. (QS Albaqarah : 153)

  1. Hadits Tentang Sabar dan Ikhlas

Hadits juga memiliki peran penting sebagai dalil untuk memperkuat pengetahuan tentang sabar. Bagi orang mukmin, perkara sabar adalah hal yang luar biasa. Rasulullah SAW bersabda,

Abu jahja (shuhaib) bin shinan arrumy ra berkata bersabda Rasulullah saw : sangat mengagungkan keadaan seorang mukmin, sebab segala keadaannya untuk ia sangt baik dan tidak mungkin terjadi demian kecuali bagi seorang mukmin : jika mendapat nikmat ia bersyukur, maka syukur itu lebih baik baginya dan bila menderita kesusahan ia sabar, maka kesabaran itu lebih baik banginya. (HR Muslim)

Ayat Al-Qur’an dan Hadits tersebut menunjukkan bahwa sebagai manusia, perbanyaklah untuk bersabar atas segala ujian darinya. Anda tidak akan merugi bila bersabar, karena Allah SWT memberikan ganjaran yang sangat luas, tanpa batas dan mulia di sisi-Nya. Jadi, sering-seringlah bersabar.

 Itu adalah beberapa dalil Al-Qur’an dan hadist tentang sabar yang bisa disampaikan oleh penulis kepada para pembaca sekalian. Jangan lupa selalu pelajarisecara mendalam tentang sabar ini, agar semakin mantap jiwanya untuk bersabar. Perbaiki niat karena Allah, maka Insyaa Allah amal kebaikan kita akan diterima. Aamiin.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *